Order Sekarang!! Partner dari PT. Dewaweb Hosting Profesional Indonesia.

6 Cara Jitu Merawat Ayam Aduan Berkualitas

Inilah 6 Cara Jitu Merawat Ayam Aduan Berkualitas: Cara merawat ayam bangkok sebelum dibawa ke arena aduan berbeda dengan cara merawat ayam yang belum terlatih. Ayam aduan yang siap dibawa ke arena aduan adalah yang sudah dilatih (otot, stamina, mental) dan sudah teruji dalam pertarungan abar yang sudah sering dilakukan.

Cara merawat ayam bangkok yang sudah siap diadu dan akan diturunkan ke gelanggang aduan bertujuan untuk mempertahankan otot, kelenturan dan kelincahannya. Lebih diarahkan untuk menjaga tubuhnya tetap fit dan segar, jika sewaktu-waktu ayam diturunkan ke arena.

 

Cara merawat ayam bangkok tersebut dilakukan seperti berikut ini:

  1. Memandikan dan menjemur ayam bangkok antara pukul 9 sampai pukul 12 siang dengan lama waktu penjemuran sekitar 1 jam, tergantung cuaca. Kemudian diumbar dikandang umbaran sampai sore. Atau bisa diputerin dulu selama 5 menit, dan kemudian diumbar sampai sore jam 4 – 5 sore. Jika tidak ada kandang khusus umbaran cukup dilepas bebas secukupnya, setelah itu kembali ke kandang istirahat.
  2. Pakan cukup diberi makanan sehari-hari (seperti gabah), ditambah setiap 3 hari atau setiap minggu 1 butir telur. Jika ada telur itik lebih baik. Dapat pula ditambahkan madu atau gula merah.
  3. Obat dan vitamin cukup diberi vitamin B kompleks 3 hari sekali atau 1 minggu sekali 1-2 butir setelah ayam makan sore. Vitamin lain seperti vitamin C atau multivitamin dapat ditambahkan, atau cukup dengan diberi tomat.
  4. Beberapa hari sebelum ayam di bawa ke arena aduan, hentikan pemberian telur dan obat-obatan. Latihan dikurangi dan lebih banyak istirahat.
  5. Satu hari sebelum di adu ayam aduan dikurung selama 1 hari penuh dan tidak dikeluarkan. Pagi hari sebelum ayam di adu berikan ramuan khusus penambah tenaga super, seperti jamu-jamuan penambah tenaga yang sudah teruji.
  6. Jangan lupa mengecek kondisi kesehatan ayam bangkok, karena ayam yang akan dibawa ke arena aduan harus benar-benar fit. Lihat ciri-ciri fit ayam bangkok di ciri ayam bangkok fit siap ke arena aduan. Selanjutnya ketika berada di kalangan ketahui pula cara merawat ayam bangkok yang bertarung di kalangan.

Leave a Reply